• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Windows Vz Linux

Sebelumnya kita telah belajar tentang perjalanan windows dan linux. Sekarang kita akan membandingkan kelebihan dan kekurangan antara Sistem Operasi windows dan linux, Ada banyak persamaan dan ada juga banyak perbedaan antara Linux dan Windows. Dalam catatan ini membahas perbedaan antara Windows dan Linux, masing-masing memiliki plus minus, silakan dibandingkan sendiri dan pilih OS mana yang cocok untuk anda gunakan.

  • User Interface
Pada Windows, Anda tidak punya banyak pilihan user interface. Sebagai contoh, di Windows 95/98 Anda hanya mengetahui antarmuka pengguna default dari Windows 95/98. Anda sedikit lebih beruntung jika Anda menggunakan Windows XP, karena Anda bisa berpindah dari interface dari Windows XP ke Windows 98 yang lebih ringan.
Di Linux, Anda dapat menemukan berbagai jenis user interface. Dan biasanya pilihan user interface ini dapat Anda sesuaikan dengan spesifikasi komputer atau lingkungan kerja Anda. Sebagai contoh, pada komputer yang lambat Anda bisa menggunakan user interface yang ringan, seperti XFCE atau Fluxbox.
Atau jika Anda menyukai gaya Mac, Anda dapat memilih model desktop GNOME atau menggunakan utility Docker. Dan jika Anda terbiasa di Windows dan memiliki komputer yang cukup cepat, Anda bisa memilih desktop KDE.
Dengan KDE, Anda masih dapat memilih untuk menggunakan gaya Windows XP atau Windows Vista. Pilihan dan variasinya sangat banyak di Linux, Anda dapat menyesuaikan sesuai dengan favorit Anda.
  • Keamanan dan Virus
Salah satu masalah utama di Windows yang paling sering Anda temukan adalah virus dan spyware. Dari tahun ke tahun, masalah ini tidak menyusut tetapi sebenarnya tumbuh. Ini semua terjadi karena banyak lubang keamanan di Windows yang bisa dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Karena masalah keamanan terlalu banyak pada Windows, tidak mengherankan kemudian muncul olokan untuk nama Windows Vista, yang memperpanjang Virus, Spyware, Trojan dan Adware.
Linux diturunkan dari sistem operasi Unix yang memiliki tingkat keamanan lebih kuat. Itu sebabnya tidak ada banyak virus di Linux dan kalaupun ada tidak bisa berkembang biak dengan pesat dan biasanya tidak mampu membawa kerusakan besar.
Meskipun tidak sepenting di Windows, Anda masih dapat menemukan program anti-virus di Linux, seperti ClamAV dan F-Prot. PCLinux telah menyediakan anti virus ClamAV dapat ditemukan pada menu Start> Applications> FileTools> KlamAV.

  • Spyware
Spyware adalah masalah yang cukup umum di dunia Windows. Biasanya program spyware mengamati, mengumpulkan dan mengirimkan data Anda ke server. Untuk sesuatu yang lebih positif, program ini biasanya digunakan untuk tujuan pemasaran.
Sayangnya, ada juga yang berniat buruk adalah untuk mencuri identitas, kartu kredit, dan tindakan negatif lainnya.
Tidak banyak program spyware yang menginfeksi Linux mengingat cara kerja Linux yang lebih susah untuk ditembus. PCLinux telah menyediakan pre-instal Firewall untuk melindungi sistem Anda dan bisa diaktifkan melalui PCLinux Control Panel.
Instalasi dan Program Produksi
Windows adalah sistem operasi, itu sebabnya Windows tidak menyediakan banyak program setelah diinstal. Jika ada mungkin Anda hanya akan menemukan Internet Explorer, Media Player, Notepad, dan beberapa program kecil lainnya.
Ini sangat berbeda dengan Linux. Walaupun Linux adalah sistem operasi, tetapi Linux didistribusikan dengan banyak program didalamnya (itu sebabnya dikenal istilah distribusi – dari distribusi kata – Linux). Setelah diinstal, Anda akan menemukan banyak program dari hampir semua kategori program. Sebut saja kategori Office Suite, Multimedia (Sound, Video, Graphics), Internet (Browser, Email, Chat, Downloader, Messenger, Torrent, News), 3D, Games, Utility, dll.
Dengan instalasi hampir saat yang sama, Anda tidak hanya mendapatkan suatu sistem operasi tetapi juga semua program yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari di Linux.
  • Konfigurasi Sistem
Jendela mengakui kemudahan penggunaan, karena hampir semua hal bisa dilakukan dengan klik sistem poin n ‘sudah berbasis grafis,
Di Linux, Anda mungkin sering mendengar perlunya mempelajari perintah manual pada baris perintah. Beberapa berita ini benar, tetapi Linux baru-baru ini berkembang sangat pesat, sehingga hampir semua hal yang bisa dilakukan semudah di Windows.
Dengan Pusat PCLINUX Control, Anda dapat melakukan konfigurasi sistem semudah titik n klik. PCLINUX memiliki deteksi perangkat keras yang baik, sehingga hampir semua dari mereka berjalan secara otomatis. Dan hampir semua program di PCLINUX disertai dengan konfigurasi yang siap digunakan. Sebagai contoh, browser Internet telah disertai dengan sejumlah plug-in. Tidak perlu men-download dan menginstal flash plug-in atau yang lain.
  • Dukungan Hardware
Pada Windows, biasanya Anda tidak pernah mendengar masalah hardwre, karena hampir semua hardware yang ada sudah termasuk driver. Tidak seperti di Linux dimana Anda mungkin mendengar sering hardware tidak bekerja di Linux. Hal ini terjadi karena pembuat hardware tidak menyediakan driver versi Linux. Untungnya, hari ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver Linux. Dan pengenalan perangkat keras bahwa Linux akan semakin meningkat sehingga jarang mendengar dari masalah hardware di Linux.
  • Menangani kerusakn ( troubleshot)
Linux secara umum terlihat sebagai sistem operasi yang stabil. Dan jika Anda membandingkan Linux dengan Windows 95/98/ME, Linux jauh lebih stabil. Untuk Windows XP – jika Anda mengikuti petunjuk dengan benar sistem – juga akan cukup stabil.
Dan seperti halnya dengan Windows, suatu hari Anda juga akan memiliki masalah di Linux. Meskipun jarang, tetapi program crash atau hang yang bisa terjadi. Ini adalah fakta kehidupan di dunia komputer.
Namun ada beberapa perbedaan di Windows dan Linux. Unix dan Linux memiliki sifat multi-user. Aplikasi Linux berjalan berbeda dari Windows. Saat aplikasi terkunci, Anda dapat mematikannya dengan mudah. Cukup menekan kombinasi tombol Ctrl + Esc, dan Anda dapat memilih aplikasi (atau proses) mana yang bermasalah.
Dan jika sistem grafis yang terkunci, Anda dapat beralih ke command-prompt (dengan menekan Ctrl + Alt + F1) dan membunuh proses software secara manual. Anda juga memiliki pilihan untuk restart desktop hanya dengan menekan Ctrl + Alt + Backspace. Ini berarti Anda tidak perlu reboot sistem Linux bahkan jika gagal.
  • Partisi Harddisk
Linux tidak mengenal penamaan drive C: untuk partisi. Semua drive bersama-sama dalam suatu sistem penyimpanan yang besar. Folder / mnt merupakan tempat untuk Anda mengakses semua media pada komputer, baik partisi lain, CD-ROM, Floppy, atau flashdisk.
Belakangan KDE telah membuat akses ke media dengan menyediakan sistem Storage Media yang dapat diakses melalui My Computer atau file manager Konqueror.
  • Penamaan File
Linux menggunakan “/” untuk memisahkan folder bukan “” umum digunakan DOS / Windows. Linux bersifat case-sensitive, ini berarti bahwa file “hello.txt” berbeda dari “hello.txt” file. Linux juga tidak terlalu memperhatikan ekstensi file. Jika Anda mengubah nama file “hello.txt” menjadi “Hello”, Linux masih tahu bahwa ini adalah file teks. Dan ketika Anda mengklik file “Hello”, Linux masih akan otomatis membuka program editor teks.
  • Kenyamanan dan Keselamatan
Anda mungkin sudah tahu, bahwa sebagai user biasa (bukan root) Anda tidak bisa menulis file dalam folder apapun. User biasa hanya memiliki akses tulis di folder home mereka. Sebagai user biasa, Anda tidak akan dapat mengubah bagian penting dari sistem. Ini mungkin tampak terlalu membatasi dan merepotkan, tetapi cara ini jauh lebih aman, karena hanya orang tertentu yang memiliki akses root yang bisa menyentuh sistem. Bahkan viruspun tidak bisa dengan mudah menyentuh sistem Linux. Itu sebabnya Anda belum mendengar adanya virus di Linux.
Ini berbeda dengan Windows sangat rentan terhadap virus. Ini terjadi karena user biasa di Windows juga memiliki hak serta administrator. Sebagian besar pengguna Windows tidak mengetahui hal ini, sehingga sistem mereka sangat rentan terhadap serangan virus. Windows Vista sekarang telah mengadopsi sistem Linux adalah keamanan.
  • Defrag
Pada Windows, Anda mungkin sering mengalami masalah mengurangi kecepatan Windows. Salah satu penyebab biasanya adalah file-file di harddisk yang tidak lagi kompak. itu sebabnya Anda disarankan untuk menggunakan program Defrag.
Di Linux Anda tidak akan menemukan program untuk men-defrag hard drive. Anda tidak perlu defragment Linux hard drive! Linux file sistem yang menangani semua ini secara otomatis. Tapi jika hard drive Anda dipenuhi sampai 99% Anda akan mendapatkan masalah kecepatan. Pastikan Anda memiliki cukup ruang supaya Linux menangani sistem dan Anda tidak akan pernah mendapatkan masalah deframentasi.
  • Sistem File
Windows memiliki dua file sistem. FAT (dari DOS dan Windows 9x) dan NTFS (dari Windows NT/2000/XP). Anda dapat membaca dan bahkan menyimpan file di sistem FAT dan NTFS Windows. Ini tidak berlaku sebaliknya, Windows tidak akan bisa membaca atau menyimpan file di sistem Linux.
Seperti dengan Windows, Linux memiliki beberapa macam file sistem, seperti ReiserFS atau Ext3. Sistem ini dalam beberapa hal lebih baik dari FAT atau NTFS dari Windows karena mengimplementasikan teknik yang disebut journaling. Jurnal ini menyimpan catatan tentang sistem file. Ketika sistem crash Linux, jurnal kegiatan akan selesai setelah reboot dan semua file di harddisk akan tetap berjalan lancar.
  • 3D Desktop
Teknologi ini kemungkinan akan disajikan dalam sistem operasi terbaru adalah 3D Desktop. Windows start di Windows Vista dengan fitur 3D Flip. tidak lama sebelum fitur Linux Desktop 3D yang jauh lebih lengkap, seperti 3D Flip, 3D Cube, Ring 3D, dll.
Di Vista, fitur 3D kurang populer karena membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi. Berbeda dengan Linux yang dapat menjalankan fitur 3D Desktop pada komputer dengan spesifikasi yang sangat rendah. Linux terkenal dari awal pada sisi server, sekarang hal itu menunjukkan keterampilan pada desktop untuk melampaui Windows dalam hal Desktop 3D.

Please your Choice...
Semoga Bermanfaat :) 




d-in4matika Templates

0 Comment:

Posting Komentar